Kamis, 09 Februari 2012

MEMBUAT ANIMASI IKAN DI FLASH

Langkah – langkah membuat animasi ikan di flash

Ø Pertama Buka aplikasi flash

Ø Lalu buat kotak dengan menggunakan Rectangle tool sebelum itu pastikan paint bucket tool berwarna biru dengan color mixer alfanya kurang dari 30 % dan typenya solid


Ø Lalu buat lah layer baru dan beri nama “ikan” lalu buat lah gambar ikan dengan menggunakan oval tool,untuk badannya dan line tool untuk siripnya, lalu aturlah letaknya dengan selection tool agar gambarnya lebih bagus . Dan beri warna sesusai dengan keinginan anda,, atur warnanya dengan menggunakan color mixernya dengan type radial lalu aturlah sesuai keinginan anda,, hingga jadi seperti ini


Ø Lalu buat lah layer baru lagi, dan beri nama “ikan 2”, jika anda menginkan bentuk ikan yang sama namun dengan ukuran yang berbeda, pertama copy objek ikan yang pertama,, lalu pastekan pada layer baru, untuk mengubah ukurannya, anda bisa menggunakan rectangle tool.

Ø lakukan hal seperti diatas untuk membuat gambar yang sama dengan ukuran yang berbeda dengan catatan harus pada layer yang berbeda.

Ø Untuk menambahkan gambar ikan dengan bentuk yang berbeda,, bisa menggunakan line tool, dan atur dengan selection tool untuk memberi warna pastikan tidak ada garis yang terputus., untuk mengubah mengatur warna bisa di atur di color mixernya.

Hasilnya seperti ini


Ø Membuat gelembung dan batu,, harus pada layer yang berbeda, dan beri nama sesuai objeknya,, untuk mebuatnya bisa menggunakan oval tool dan brush tool.

Atur warnanya dengan menggunakan color mixer.

Hasilnya seperti ini

Ø Untuk membuat ular pun caranya sama, tapi untuk pembuatan bentuknya menggunakan pencil tool untuk warna dan kehalusan gambar dapat diatur dengan cara yang diatas.

Hasil setelah di beri gambar ular


Ø Setelah semua layer siap,

tinggal di buat animasi dengan mengatur timelinenya dengan mengatur letak frame dan keyframenya.untuk menginsert frame dan keyframe anda klik kiri saja, lalu klik insert frame atau keyframe, sesuai dengan keinginan anda, jika anda ingin ada tween antara keyframe yang pertama dan yang kedua, anda tinggal klik kiri pada keyframe kedua, lalu pilih create mention tween.dengan catatan jika akan mengatur salah satu layer, maka semua layer harus di kunci.

Semakin banyak anda menginsert frame dan keyframe maka semakin lama animasi anda bergerak,

untuk melihat hasil animasinya anda tekan saja tombol ctrl + enter

silahkan mencoba……

semoga anda mengerti dan paham dengan apa yang saya jelaskan diatas…..

terimakasih…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar